Thursday, 27 August 2015

ANTIOKSIDAN? Sejauh Mana Kita Memahaminya

Apa Itu Antioksidan?

Antioksidan adalah kekuatan yang melindungi kita dari bermacam penyakit, serta untuk memperlambat proses penuaan. Ini kerana Antioksidan bekerja dengan melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat membahayakan sel-sel tubuh. Jika kadar antioksidan dalam tubuh Anda rendah, maka stres oksidatif akan terjadi, dan ini akan membuat tubuh menjadi rentan terhadap banyak penyakit termasuk penyakit jantung dan kanser. Oleh kerana itu, dalam rangka untuk menjaga tubuh sihat serta sistem kekebalan tubuh yang kuat, maka kita harus mendapatkan banyak antioksidan setiap hari. Antioksidan adalah nutrisi yang dapat diperolehi dalam banyak jenis buah-buahan dan sayuran, antioksidan umumnya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, selenium, beta-karoten, flavonoid dan polifenol.

Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung antioksidan tinggi, sehingga bermanfaat bagi kesihatan Kita:

1. Buah Beri


Buah-buahan yang berair tidak hanya enak, tapi juga akan membantu untuk melawan penyakit. Blueberry mungkin ukurannya kecil, tetapi manfaatnya untuk kesihatan sangat besar. Buah beri dapat meningkatkan fungsi kognitif, sekaligus memperkuat sistem imun tubuh kita. Termasuk keluarga beri lainnya, seperti blackberry, strawberry, raspberry dan cranberry kaya antioksidan.

2. Sayuran silangan


Kebanyakan sayuran silangan kaya dengan antioksidan serta mengandung fitonutrien yang dapat membantu untuk memerangi penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kanser. Sayuran silangan ini termasuk kubis, bunga kubis, brokoli, dan collard hijau. Sayuran ini dapat dimasak, dikukus atau dimakan mentah untuk mendapatkan gizi yang lebih baik.

   Sayuran berdaun Hijau Gelap


Sayuran berdaun hijau sangat baik karena rendah lemak dan kalori, serta mengandungi banyak serat, zat besi dan kalsium. Sementara antioksidan yang ditawarkan termasuk vitamin C dan E, lutein dan beta-karoten. Kailan, bayam dan swiss chard adalah beberapa contoh sayuran berdaun hijau.

3. Ikan


Ikan mengandungi banyak antioksidan, protein, selenium dan asid lemak omega 3. Hal ini sangat penting untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Tuna, ikan haring, salmon, trout dan tengiri adalah beberapa ikan yang paling padat nutrisinya. Untuk memdapatkan khasiat nutrisi yang lebih baik adalah dengan menggunakan teknik memasak seperti mengukus, memanggang atau merebus, bukan menggorengnya.

4. Anggur Merah



Buah Anggur yang berkulit gelap adalah kaya sumber antioksidan, yaitu penuh dengan flavonoid dan polifenol yang bermanfaat bagi jantung agar kekal sihat. Minuman anggur merah termasuk tinggi antioksidan, namun bukan bererti anda harus meminumnya sebotol penuh.

5. Kacang


Kacang sangat baik bagi kesihatan, kerana bukan hanya kaya serat, tetapi juga kaya antioksidan. Kacang merah mengandung konsentrasi tertinggi dari antioksidan.

6. Lobak Merah


Lobak merah, dan sayuran berwarna oren lainnya mengandung beta-karoten, yang membantu tubuh kita dalam memproduksi vitamin A dan melawan kanser. Pastikan anda menambahkan sayuran warna oren untuk diet anda!

7. Buah Epal


Buah epal adalah kudapan yang sempurna, dan juga boleh membantu dalam perawatan gigi. Vitamin dan antioksidan dalam epal juga tinggi, yang dapat menjaga tubuh kita agar tetap sihat. Epal merah yang lazat mengandungi jumlah antioksidan lebih tinggi berbamding epal hijau.

8. Kentang


Kentang boleh dimasukkan kedalam sebahagian dari diet antioksidan. Panggang atau kukus kentang yang kaya antioksidan ini, kemudian menambahkannya ke makanan anda .

9. Coklat


Coklat hitam mengandung antioksidan yang kuat, dan dapat menurunkan tekanan darah. Meskipun begitu, coklat bukanlan perlu di makan tanpa kawalan. Hal ini agar diselingi dengan sumber antioksidan lain dari buah atau sayuran. Coklat putih tidak memberikan manfaat yang sama seperti pada coklat hitam.


Tidak ada yang menjamin pencegahan kanser atau penyakit lainnya. Namun dengan mengambil makanan yang kaya antioksidan, maka kita telah menempatkan sesuatu untuk melawan penyakit ini.

[Rujukan: National Cancer Institute: Antioxidants and Cancer Prevention]
Copyright © 2015 Sihat dengan vitamin semulajadi